Kemenag Imbau Alumni Petugas Haji Peduli Musibah Banjir

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Kementerian Agama mengimbau alumni petugas haji untuk peduli terhadap musibah banjir yang melanda beberapa daerah di Indonesia pada awal tahun 2020 ini. Imbauan ini disampaikan Direktur Bina Haji Khoirizi, di Jakarta.  

"Bencana sudah berlalu, alam sudah mengingatkan kita semua. Seandainya Allah SWT mau, Dia tidak perlu bantuan. Tapi Allah melihat keperdulian mahluknya dalam menghadapi musibah ini," ujar H Khoirizi H Dasir yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI).  

Lebih lanjut, Khoirizi menyampaikan, setiap tahunnya, Indonesia memberangkatkan sekitar empat ribuan petugas haji ke tanah suci. Ia berharap, para petugas yang telah diberangkatkan ini juga memberikan dampak kepada masyarakat sepulangnya dari bertugas di tanah suci. 

Menurutnya, ada dua tugas dan fungsi sebagai petugas haji yang harus dilakukan sepanjang hayat. Pertama, melakukan pembinaan, pelayanan, perlindungan, ketahanan dan kemandirian jemaah haji dalam rangka sukses haji setiap tahun.  

Kedua, berperan serta dalam memperkuat saleh pribadi dan saleh sosial dengan melakukan dakwah, pendidikan dan amal sosial. 

Kepedulian untuk menyampaikan bantuan bagi penyintas musibah banjir merupakan salah satu wujudnya. "Yuk kita peduli sekecil apapun yang kita beri Allah SWT pasti mencatatnya sebagai pahala. Aamiin," ajak Khoirizi.  

Di tempat terpisah, Ketua Umum Pengurus Besae FKAPHI Affan Rangkuti menyampaikan dirinya telah menginstruksikan jajaran pimpinan wilayah FKAPHI untuk bergerak mengatasi musibah banjir ini.  

Pengurus Wilayah FKAPHI Provinsi Banten misalnya, hari ini menurut Affan akan menyampaikan bantuan langsung pada hari ini kepada masyarakat di Lebak yang terkena musibah banjir bandang.  

"Ini langsung dikabarkan Ketua Wilayah FKAPHI Banten H Deni Rusli," tuturnya.  

Sedangkan Pengurus Besar FKAPHI di bawah koordisasi Direktorat Dakwah, Bimbingan dan Penyuluhan Haji dan Umrah Pengurus Besar FKAPHI HM Wildan Samani sedang melakukan penggalangan dana. 

"Bagi alumni petugas haji yang ingin berpartisipasi dalam Gerakan Sosial Kemanusiaan Peduli Korban Banjir ini dapat mengirimkan kepeduliannya ke Rekening BRI nomor 719701007724530 a.n. Lina Dwi Yunitasari QQ Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia," himbau Affan.(p/ab)